Hallo, semangat pagi bagi para pembaca.

Beberapa bulan ini Indonesia dikejutkan dengan kejadian beruntun berkaitan dengan bencana alam. Baru-baru ini kejadian Palu dan Donggala memperlihatkan bahwa ada banyak kejadian darurat dan tidak terduga.

Melihat bahwa secara Geografis wilayah pulau Jawa tempat dimana kita tinggal tidak lepas dari ancaman bencana, maka dari itu sudah menjadi bagian dari setiap kita mempersiapkan antisipasi untuk menghadapi bencana alam.

Selasa, 30 Oktober 2018 SMP Krista Gracia Klaten yang mana bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB Klaten) melalui program Sekolah Siaga Bencana melaksanakan simulasi antisipasi bencana gempa bumi. Dalam simulai ini melibatkan seluruh warga sekolah baik dari Guru, Karyawan, dan seluruh siswa SMP Krista Gracia.

Dalam simulasi ini pihak BPBD mengapresiasi keaktivan peserta yang terlibat dan berjalan lancar. BPBD juga melatih siswa khususnya yang tergabung dalam OSIS sebagai motor penggerak bagi siswa yang lain untuk bisa melakukan antisipasi jika benar-benar terjadi bencana. Selama kurang lebih 1,5 jam sebelum pelaksanaan simulasi bencana, OSIS dan Guru diberikan pengarahan dan teori tentang perlindungan dan penyelamatan jika terjadi bencana, sedangkan anggota OSIS juga dibekali tehnik pertolongan pertama pada korban.

Kiranya apa yang saat ini warga SMP Krista Gracia pelajari dari simulasi bencana bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi semuanya. Terimakasih atas ilmu yang di tularkan dari para instruktur BPBD Klaten.