Sempat tidak percaya diri, namun akhirnya Sofie dan Ranu memberanikan diri dan tampil di depan dalam lomba bercerita dalam Bahasa Mandarin di arena Pekan Budaya Tionghoa 2018 di Yogyakarta.
Lomba yang diikuti oleh beberapa sekolah dalam beberapa tingkatan antara lain SD tingkat kecil, SD besar, SMP, dan SMA berjalan lancar dan cukup menarik. Terlihat beberapa peserta mengenakan kostum yang cukup menarik. SMP Kristen 1 Klaten mengirimkan 2 perwakilan peserta dan ada hasil yang cukup membanggakan setidaknya menempatkan keduanya sebagai pemenang harapan 1 dan pemenang juara ke 3.


Ranu yang tampil di urutan 8 keluar sebagai pemenang harapan 1 dan Sofie mendapat juara 3. Atas kemenangannya, mereka berdua berhak mendapatkan penghargaan dan uang pembinaan.
Dalam acara ini ada pembelajaran yang baik bagi para siswa yaitu bisa belajar budaya dan juga meningkatkan mental bertanding dan menambah pengalaman dalam berkompetisi.
Selamat kami ucapkan kepada keduanya dan mari terus dukung siswa/siswi SMP Kristen 1 Klaten menjadi lebih maju dalam berbagai bidang. Amin!